Sabtu, 15 Oktober 2011

Cara Bersepeda Yang Baik & Benar

Aktifitas bersepeda memang bermanfaat bagi kesehatan. Namun manfaat bersepeda ternyata hampir sebanding dengan risikonya. Pastikan aktifitas bersepeda bisa memperpanjang umur Anda, bukan sebaliknya.
Dengan bersepeda setiap hari Anda akan merasa lebih fit dan gembira. Namun hampir semua orang tahu jika pesepeda lebih rawan menjadi korban kecelakaan dibanding pengguna jalan yang lain. Hal inilah yang menjadi penghambat banyak orang untuk bersepeda.
Saat ini dengan semakin banyak pesepeda di jalan, seharusnya lalu lintas menjadi semakin aman, dengan catatan, jumlah pengguna mobil juga semakin berkurang.
Namun sebelum hal itu terjadi, berikut tujuh langkah yang bisa Anda terapkan agar Anda lebih aman bersepeda di jalan raya.
1. Pelajari Cara Bersepeda yang Benar
Latihan mengendarai sepeda dengan benar kini bisa ditemui di berbagai komunitas sepeda di Tanah Air. Kursus yang lebih dikenal dengan nama “coaching clinic” ini bisa membantu Anda untuk menguasai berbagai macam ketrampilan, mulai dari ketrampilan dasar mengontrol sepeda hingga tips manaklukkan lalu lintas perkotaan yang padat.
2. Jangan Terlalu Minggir
Jaga jarak setidaknya 50cm dari trotoar. Bersepeda terlalu minggir akan membuat Anda luput dari pandangan pengemudi mobil atau pengguna jalan yang lain. Beri kesempatan pada mobil untuk menyalip Anda dengan benar dan aman.
3. Lakukan Kontak Mata Langsung
Lakukan kontak mata langsung dengan pengendara mobil di depan Anda untuk memastikan mereka melihat Anda. Cara ini berguna bila Anda hendak melakukan manuver, berbelok atau saat Anda mendekati jalan menyempit.
4. Beri sinyal dengan Sungguh-sungguh
Sinyal menjadi tanda yang menunjukkan niatan Anda ke pengguna jalan yang lain. Ingat, Anda tidak sedang meminta permisi, namun Anda tengah menunjukkan arah yang akan Anda tuju. Jika ada kendaraan yang mengikuti Anda, lakukan kontak mata dan beri tanda lebih jelas dan lebih awal sebelum anda melakukan manuver.
5. Berhati-hati di Jalan Lingkar (roundabouts)
Pesepeda seakan hilang ditelan lalu lintas saat masuk ke jalan lingkar. Pastikan Anda mengambil jalan tengah, periksa lalu lintas serta beri sinyal sebelum Anda keluar dari lingkaran.
6. Taktik di Lampu Merah
Jangan pernah menerobos lampu merah, karena hal itu akan memancing kemarahan pengemudi dan Anda bisa tertabrak kendaraan yang sedang melintas. Tunggu di belakang garis putih dan jangan berhenti di pinggir jalan sehingga Anda bisa menghindari salipan kendaraan lain yang berbahaya.
7. Menyeleksi Lalu Lintas
Menyalip dari kanan adalah yang terbaik karena Anda bisa lebih mudah dilihat dan dikenali. Ambil jalan tengah hanya jika lalu lintas sedang macet. Hati-hati dengan pengemudi yang membuka pintu mendadak atau pejalan kaki yang melintas. Jangan pernah menyalip kendaraan yang panjang: hal ini bisa membahayakan nyawa Anda. Selesai menyalip kendaraan, kembali ke jalur Anda semula.
Selamat bersepeda, hati-hati di jalan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar